Minggu, 02 Mei 2010

Keindahan Allah Tritunggal Kudus

Alasan penolakan terhadap dogma Trinitas antara lain sebagaimana berikut ini:

• “ Kata Trinitas tidak terdapat dalam Alkitab.
• Kata Roh Kudus (Roh Allah) sama dan identik dengan “kuasa Allah”, “semangat Allah”, “nafas hidup Allah”, “makhluk-makhluk hidup ilahi Allah.
• “Roh Kudus bukan Pribadi dan bukan Tuhan ”.
• Dogma Trintas buatan manusia. Dogma Trinitas merupakan usaha nyata manusia (maksudnya Gereja Katolik) mengubah hukum Allah menjadi hukum manusia..

Penjelasan
Koq Allah membiarkan DIRINYA DIPERMAINKAN OLEH OTORITAS GEREJA KATOLIK, mengubah hukumNya menjadi hukum manusia? Apakah Dia tidak sanggup berhadapan dengan Gereja Katolik? Tetapi dalam sejarah, Yahwe Tuhan justeru selalu berpihak pada Gereja Katolik. Paham-paham: Gnostisisme berantakan, Manicheisme hancur, Arianisme lenyap, Subordinasionisme tak berbekas, Nestorianisme tinggal nama, Doketsime tak berdaya, Apolinarisme, Monofisitisme, Adopsianisme, hilang ditelan bumi. Sebaliknya gereja Katolik teguh berdiri hingga kini. Mengapa demikian?

a. Arti kata.
Ada banyak anggapan salah mengenai konsep Trinitas:
“Allah itu tiga, satu tapi tiga”, “Allah salah satu dari tiga”, Trinitas itu Allah, Yesus dan Maria.
Konsep seperti itu adalah tuduhan belaka dari mereka yang tidak memahami iman Kristen. Konsep seperti itu tidak ada dalam Alkitab. Jadi, tuduhan yang salah alamat, atau fitnah belaka. Jelas salah total.

Trinitas sebenarnya adalah satu hakikat Allah dalam Tiga Pribadi. Esensi Allah Satu dalam Tiga Pribadi: Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Untuk memudahkan pemahaman Anda, kita lihat Alquran sebagai pembanding:

[Qs 4.171] Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.

Dengan mengabaikan catatan tambahan para komentator, maka teks di atas aslinya adalah sebagai berikut:

[Qs 4.171] Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan Roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "tiga", berhentilah. Lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.

Dari teks di atas selayaknya terkandung tiga hal menyangkut Allah:
• Allah sendiri,
• Kalimat-Nya (Kalimat Allah=Firman Allah),
• Roh dariNya (Roh Allah).

Jadi, di dalam Allah itu ada Firman dan Roh. Adakah ketiganya terpisah dari Allah? Tentu tidak, bukan. Tiga yaitu Allah, Kalimat dan Roh, tetapi satu saja yakni Allah itu sendiri. Walaupun demikian, Allah, Kalimat dan Roh, Anda lihat, ketigaNya amat berbeda. Masing-masing bereksistensi, cara berada menurut keberadaannya masing-masing. Semuanya satu saja yakni Allah. Nah, seperti itulah iman Kristen.

b. “Kata Trinitas Tidak Terdapat Dalam Alkitab”?

Kata “Trinitas” memang tidak ada dalam Alkitab. Kata sebagai kata, tentu tidak harus semuanya ada dalam Alkitab. Kalau ada orang mengatakan bahwa “Kata Trinitas Tidak Alkitabiah”, toh kalimat itu juga tidak Alkitabiah. Jadi, tuduhan tersebut tidak berdasar pada Alkitab. Dengan demikian, semua kalimat yang dibuat untuk menolak gagasan Trinitas adalah usaha nyata menciptakan hukum manusia untuk mengubah hukum Allah.

c. “Roh Allah sama/identik dengan Kuasa Allah?”.

Teks-teks berikut ini membuktikan bahwa Roh Allah tidak sama dengan/identik dengan Kuasa Allah
• Lukas 1:35; “Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah” Jadi, Maria mengandung karena dua hal: Roh Kudus dan kuasa Allah. Ini menegaskan bahwa Roh Kudus dan kuasa Allah adalah dua hal yang berbeda.
Jadi, Ada Roh Kudus di satu pihak, ada Kuasa Allah di pihak lain.

• Kisah Para Rasul 10:37-38; “ Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea, mulai dari Galilea, sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes, yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.“ Allah mengurapi Yesus ternyata dengan Roh Kudus dan kuat kuasa. Dua hal yang sama sekali berbeda. Menyamakan dua hal tersebut sama dengan menyamaratakan antara minyak dan air.
Ternyata, Yesus diurapi dengan Roh Kudus dan Kuat Kuasa

• I Samuel 16:13. “ Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.”
Di sini ditegaskan bahwa Roh Kudus itu memiliki kuasa sendiri. Ini mempertegas hal lain lagi. Roh Kudus adalah sosok Pribadi. Hanya “Pribadi” saja yang memiliki kuasa.

• Matius 12:28; “Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.” Yesus memperjelas “Pribadi” Roh Kudus. Kuasa yang dimiliki oleh Roh Kudus itulah yang memungkinkan Yesus mengusir setan.

• Lukas 4:14; “Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu. “

• Kisah 11:28; “ Seorang dari mereka yang bernama Agabus bangkit dan oleh kuasa Roh ia mengatakan, bahwa seluruh dunia akan ditimpa bahaya kelaparan yang besar. Hal itu terjadi juga pada zaman Klaudius. “

• Roma 15:19; “oleh kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh kuasa Roh. Demikianlah dalam perjalanan keliling dari Yerusalem sampai ke Ilirikum aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus. “

• Yehezkiel 3:14; “ Dan Roh itu mengangkat dan membawa aku, dan aku pergi dengan hati panas dan dengan perasaan pahit, karena kekuasaan TUHAN memaksa aku dengan sangat.”

• 1Korintus 12:9-13; “Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya. Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. “
Menggelikan kalau tetap ngotot mengatakan bahwa “Roh Kudus sama dengan kuasa Allah, Roh = kuasa.

Perhatikan:
• Roh memberikan iman
• Roh memberikan karunia penyembuhan
• Roh memberikan kuasa mengadakan mukjizat
• Roh Roh memberikan karunia untuk bernubuat
• Roh memberikan karunia untuk membeda-bedakan macam-macam roh.
• Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh,
• Roh memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
• Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap.
• Roh memiliki kehendak. Mustahil kalau “kuasa” memiliki kehendak.
• Dalam satu Roh kita semua, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. “

d. “Roh Allah sama dengan Makhluk-makhluk Ilahi/utusan Allah?”

Alkitab memberi kesaksian bahwa Roh Allah tidak sama dengan Makhluk-makhluk Ilahi/utusan Allah. Renungkanlah perkataan Alkitab berikut ini:

• Yesaya 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia menjadi Juruselamat mereka.Yesaya 63:9 dalam segala kesesakan mereka. BUKAN SEORANG DUTA ATAU UTUSAN, melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala. Yesaya 63:10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. esaya 63:11 Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka; Yesaya 63:12 yang dengan tangan-Nya yang agung menyertai Musa di sebelah kanan; yang membelah air di depan mereka untuk membuat nama abadi bagi-Nya; Yesaya 63:13 yang menuntun mereka melintasi samudera raya seperti kuda melintasi padang gurun? Mereka tidak pernah tersandung,Yesaya 63:14 seperti ternak yang turun ke dalam lembah. Roh TUHAN membawa mereka ke tempat perhentian. Demikianlah Engkau memimpin umat-Mu untuk membuat nama yang agung bagi-Mu.

Jika benar Roh Allah sama dengan makhluk ilahi utusan Allah maka:

• Yesaya 63:10 seharusnya ditulis: “… Tetapi mereka memberontak dan mendukakan makhluk-makhluk ilahi/utusan Allah.
• Yesaya 63:11 ditulis: “….Dia yang menaruh makhluk-makhluk/utusan Allah dalam hati mereka”.
• Yesaya 63:14 seharusnya ditulis “….. Makhluk-nakhluk/utusan Allah membawa mereka ke tempat perhentian.

Ketiga “keharusnya” itu akan dijawab oleh kaum Unitarian: “Alkitab DITERJEMAHKAN SECARA SALAH. Alkitab diterjemahkan untuk kepentingan pendukung dogma Trinitas.

Jika benar bahwa Roh Allah sama dengan makhluk ilahi Allah, maka sejumlah pernyataan Alkitab berikut ini sangat mustahill.

Kejadian 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

• Pernyataan ini tidak bermakna sebab itu berarti makhluk ilahi/utusan melayang-layang di atas air. Lalu kapan mereka diciptakan, ataukah sama kekalnya dengan Allah? Mustahil!

II Tawarikh 24:20 Lalu Roh Allah menguasai Zakharia, anak imam Yoyada. Ia tampil di depan rakyat, dan berkata kepada mereka: "Beginilah firman Allah: Mengapa kamu melanggar perintah-perintah TUHAN, sehingga kamu tidak beruntung? Oleh karena kamu meninggalkan TUHAN, Iapun meninggalkan kamu!"

• Zakharia dikuasai oleh Roh Allah. Jika Roh Allah itu hanyalah makhluk ilahi Allah, maka pernyataan Zakharia tidak bermakna: beginilah firman Allah. apakah makhluk ilahi Allah sama dengan Allah? Mustahil!

Ayub 33:4 Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.

• Jika roh Allah sama dengan makhluk ilahi/utusan Allah, maka teks Ayub ini berarti, Ayub dicipta, diadakan, dibuat oleh makhluk ilahi Allah. Mustahil !

Matius 12:28 Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.

• Jika Roh Allah sama dengan makhluk ilahi/utusan Allah, maka itu berarti Yesus mengusir setan dengan kuasa makhluk ilahi/utusan Allah. Mustahil!

I Korintus 6:11 Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

• Jika benar bahwa Roh Allah sama dengan makhluk ilahi/utusan Allah, maka kita dibenarkan dalam makhluk ilahi/utusan (ciptaan) Allah. Mustahil.

I Korintus 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

• Jika benar bahwa Roh Allah sama dengan makhluk ilahi Allah, maka apa yang ada di dalam diri Allah hanya diketahui oleh makhluk ilahi/utusan Allah (ciptaan). Sangat mustahil!

Jadi, Roh Allah tidak sama dengan makhluk ilahi/utusan Allah. yang benar adalah Roh Allah sama dengan Roh Kudus, Pribadi Ketiga dari Allah Tritunggal Mahakudus.

e. “Roh Allah sama dengan nafas hidup Allah.”

Alkitab mengajarkan bahwa Roh Allah TIDAK SAMA DENGAN nafas hidup Allah. perhatikanlah teks-teks berikut ini dengan cermat.

• Ayub 33:4: Roh Allah telah MEMBUAT aku dan NAFAS Yang Mahakuasa membuat aku hidup. Ayub 34:14: Jikalau Ia menarik kembali Roh-Nya, dan mengembalikan nafas-Nya pada-Nya”
• Ayub 27:3 selama nafasku masih ada padaku, dan roh Allah masih di dalam lubang hidungku,
• Ayub 32:8 Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.
• Ayub 33:4 Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.
• Ayub 34:14 Jikalau Ia menarik kembali Roh-Nya, dan mengembalikan nafas-Nya pada-Nya,
Teks-teks yang baru saja dikutip membuktikan bahwa ada perbedaan besar antara Roh Allah dan nafas Allah. Jadi, Roh Kudus tidak sama dengan nafas Allah, juga tidak sama dengan kuasa Allah.

ROH ALLAH ADALAH PRIBADI

Ada pelbagai hal yang MEMBUKTIKAN bahwa Roh Allah adalah Pribadi Allah sendiri.
• Roh Allah memiliki Kuasa (Hak 14:6.19; 15:14; ISam 10:6.10; 11:6.13),
• Roh Allah dapat Berbicara (II Samuel 23:2);
• Roh Bapa berkata-kata (Mat 10:20, Kis 8:29, 10:19, 11:12; 13:2; 21:11., Why 14:13 ),
• Roh Kudus dapat mengambil keputusan (Kis 15:28),
• Roh memiliki keinginan/Kehendak (1Kor 12:11),
• Roh Allah memiliki perasaan (Yesaya 63:10)
• Roh memberikan: iman, karunia untuk menyembuhkan, kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, karunia untuk membedakan bermacam-macam roh, karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, (1Korintus 12:9-13)

Roh Kudus ternyata adalah Yahwe/Tuhan
• Kisah 28:25-27 bandingkan Yesaya 6:8-10;
• Ibrani 3:7-11 bandingkan dengan Mazmur 95:7-11 dan keluaran 17:1-7;
• Ibrani 10:15-17 bandingkan dengan Yeremia 31:33-34; dll.
• Roh Kudus berkarakter seperti Yahwe: Kekal (Ibrani 9:14), Maha ada (Mazmur 139:7-10), Maha tahu (1Korintus 2:10-11 dan Yesaya 40:13), Maha kuasa (Matius 12:28), Pencipta (Ayub 33:4), Suci/kudus (Lukas 1:35), dosa menghujat Roh Kudus tidak dapat diampuni (Markus 3:29); dll.

Roh setara/sejajar dengan Yahwe dan Yesus.

• Yesaya 59:21 Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman TUHAN: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN.

• Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

• 2Korintus 13:13 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian. Dll

Jadi, Roh Kudus adalah Allah, Pribadi Ketiga dari Allah Tritunggal.

Trinitas Buatan Manusia?

Sebenarnya, semua kata, kalimat dan bahasa di bumi ini adalah produk kecerdasan manusia. Tidak ada bahasa yang secara khusus diajarkan oleh Allah. Allah mengkomunikasikan kehendak dan ajaranNya dengan “meminjam” bahasa manusia. Siapakah yang dapat menyangkal fakta tersebut? Kita semua tahu bahwa semua bahasa yang dipakai oleh semua Kitab Suci agama apa pun pada dasarnya memakai bahasa manusia.

Jika Yesus hanya manusia biasa seperti Anda, Dia tidak mungkin dilawan sedemikian hebatnya oleh baik manusia, buku, mitos, legenda, dongeng maupun karikatur dan bahkan nabi palsu. Jadi, perlawanan yang sengit terhadap Ketuhanan Yesus membuktikan bahwa Dia benar-benar Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika Yesus hanya manusia biasa seperti Anda, bagaimana mungkin TUHAN membiarkan milyaran HATI dan BIBIR di muka bumi ini mengakui bahwa Yesus adalah TUHAN? Jika TUHAN memakai manusia, buku, dongeng, legenda dan karikatur untuk memberangus orang-orang yang mengakui bahwa Yesus adalah TUHAN, bukankah Dia tahu bahwa usahaNya itu telah gagal total? Faktanya dari hari ke hari makin banyak manusia yang mengakui bahwa Yesus adalah TUHAN. Dalam kasus ini, apakah Allah sendiri tidak mau segera bertindak mengingat orang-orang kepercayaanNya telah gagal? Anda tahu, jika pengakuan atas Ketuhanan Yesus merupakan penghujatan terhadap Allah, maka Allah sendirilah yang bertanggungjawab untuk membela reputasiNya. Toh, Dia mampu melakukannya. Manakala Allah memakai manusia dan mengandalkan manusia , buku, dongeng, legenda dan karikatur untuk membela nama baikNya, maka pada dasarnya Dia bukan Allah, tetapi allah. Sepanjang Allah tidak dapat menghentikan pengakuan orang-orang Kristen atas ke-TUHAN-an Yesus, maka kesimpulannya Yesus adalah TUHAN , yang bukan sekadar Tu(h)an.

Perhatikan teks Alkitab berikut ini:

• Kis 11:20 “Memberitakan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan”.

• Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

• I Kor 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

• Kis 4:2 “dalam Yesus ada kebangkitan dari antara orang mati”

• Kis 4:12 “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

• I Korintus 3:11. Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.

• Lukas 10:22 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak ada seorangpun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu."

• Yohanes 6:44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

• Yohanes 6:65 Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya."

• Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

• Yohanes 16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.

• Yohanes 17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

• Galatia 2:16 “Kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus”.

1 komentar:

  1. Imamat 19 : 18, Ulangan 6 : 4 - 5, Matius 22 : 37, Markus 12 : 29 - 31, Lukas 10 : 27

    Dalam huruf Ibraninya, " שמע ישראל יהיה אלהינו יהוה אחד ואהבתא את יהוה אלהיך בכל לבבך ובכל נפשך ובכל מאודך ואהבתא לרעך כמוך. "

    Cara membacanya menurut peraturan tata bahasa Ibrani : " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad ve'ahavta et YHWH ( Adonai ) Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha ve'ahavta le'reakha kamokha. "

    🕎✡️🐟✝️🕊️📖🇮🇱

    BalasHapus